H.Suyanto.ST MT |
INDRAMAYU - Memasuki usianya yang ke-24 tahun, Perusahaan Daerah Air
Minum (PDAM) Tirta Darma Ayu Indramayu dituntut untuk terus meningkatkan
pelayanan terhadap konsumen, sesuai dengan tema
perayaan HUT kali ini "Kita Wujudkan Perubahan Yang Profesional
Menuju Pelayanan Yang Prima, seperti diungkapkan dalam sambutan
Dirut PDAM Indramayu H.Suyanto ST MT pada puncak perayaan HUT PDAM Tirta Darma Ayu ke-24, Sabtu
(17/11) kemarin.
Menurutnya, pendirian PDAM memiliki tujuan untuk mewujudkan
serta meningkatkan pelayanan terhadap kebutuhan air bersih masyarakat maka
dengan dasar itu diharapkan PDAM mampu menjalankan visi dan misinya menuju
kuantitas, kualitas maupun kontiunitas pelayanan air bersih dalam wadah
perusahaan yang sehat untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, sejahtera, adil
dan makmur.
Oleh karena itu, perlu adanya aktivitas yang mengarah pada
perbaikan dan peningkatan. Perbaikan dan Peningkatan itu, diantaranya adalah
upaya meningkatkan kinerja serta pelayanan, meningkatkan pembangunan dan
pengembangan pelayanan, meningkatkan kualitas SDM, meningkatkan fungsi
manajemen pengelolaan serta mampu memberikan kontribusi kepada daerah.
Dia juga menyampaikan, secara umum PDAM mengemban dua fungsi
yakni pada fungsi usaha diharapkan mampu berorientasi untuk menghasilkan
keuntungan (laba), sementara pada fungsi sosial diperuntukkan kepada masyarakat
akan kebutuhan adanya air bersih, kedua fungsi tersebut diharapkan dapat
berjalan secara seimbang, terangnya.
Pada tahun 2011 lalu PDAM Indramayu memperoleh laba hingga Rp.7
miliar, bahkan tahun sebelumnya yaitu tahun 2010 laba PDAM Indramayu mencapai 10,6
miliar. Berdasarkan audit kinerja PDAM Indramayu oleh BPKP Jawa Barat, PDAM Tirta Darma
Ayu Indramayu menempati urutan ketiga dengan laba terbesar dibawah PDAM Bogor dan
PDAM Bekasi, indikasi sehatnya PDAM juga bisa dilihat dari hutang PDAM Tirta
Darma Ayu sebesar 46 milyar, yang terus berkurang dengan cicilan pertahun
mencapai 7 milyar. Bahkan hutang sebesar itu akan lunas pada tahun 2013 nanti, kata Dirut PDAM Indramayu, H Suyanto ST
MT, dalam sambutannya kemarin.
Acara yang berlangsung di Hotel Handayani-Indramayu
tersebut cukup meriah sebagai puncak dari acara HUT PDAM Indramayu juga
dihadiri oleh Bupati Indramayu Hj.Anna Sophanah, Ketua umum partai Golkar jawa barat H.Irianto MS Syafiuddin dan juga beberapa pejabat tinggi dilingkungan Pemda
Indramayu.
Selain membenahi persoalan administrasi dan keuangan, PDAM
juga terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat indramayu melalui
pengembangan jaringan.yaitu melalui pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA)
serta pengembangan jaringan pipa distribusi.
Melalui upaya ini.
Pelayanan PDAM kepada masyarakat telah mengalami peningkatan pesat dari
sebelumnya 20 persen sekarang mencapai 45 persen, disamping itu, PDAM juga terus
mengemban misi sosial (CSR) dengan memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat
disejumlah desa yang mengalami kekurangan air bersih saat musim kemarau.
Di akhir
sambutannya Suyanto mengucapkan banyak
terima kasih kepada Pemerintah Daerah Indramayu dalam hal ini Bupati Indramayu
yang telah memberikan kepercayaan untuk memimpin PDAM Selama dua periode, juga
permintaan maaf-nya apabila dalam memimpin PDAM banyak kesalahan dan kekurangan,
karena menurutnya ini akan menjadi moment terakhir diperayaan HUT PDAM kali ini
karena sekitar 3 atau 4 bulan lagi masa jabatannya akan segera berakhir.
Dalam kegiatan HUT tersebut, secara simbolis H.Suyanto ST MT
memberikan penghargaan kepada pegawai
PDAM yang mempunyai masa kerja 10-20 tahun serta pemberian hadiah kepada masing
masing cabang yang menjadi juara dan untuk juara umum jatuh pada PDAM Cabang Kandanghaur. (Sayi)
0 Response to "Dirgahayu PDAM INDRAMAYU"
Posting Komentar